Pundi Sumatra Selenggarakan Posyandu Rutin dan Pembagian MPASI di Komunitas SAD

Pada Selasa, 28 Mei 2024, Pundi Sumatra melaksanakan kegiatan posyandu rutin dan pembagian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) kepada anak-anak balita di Komunitas Suku Anak Dalam (SAD) Dwi Karya Bakti. Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIB ini berlangsung dengan lancar dan mendapat sambutan antusias dari warga komunitas.

Pelaksanaan posyandu kali ini dikelola secara mandiri oleh kader posyandu di pemukiman SAD Dwi Karya Bakti tanpa dipandu oleh bidan. Para kader posyandu ini telah mendapatkan pelatihan intensif mengenai berbagai aspek posyandu, mulai dari pengukuran tinggi badan dan berat badan, hingga cara memberikan MPASI dan melakukan pengecekan kesehatan anak melalui wawancara dengan orang tua.

Namun, beberapa layanan medis seperti cek tekanan darah tidak dapat dilakukan karena komunitas belum memiliki peralatan medis yang memadai. Hasil pemeriksaan ini kemudian akan dilaporkan kepada bidan desa untuk ditindaklanjuti.

Kegiatan posyandu ini memiliki peranan yang sangat penting dalam memantau pertumbuhan dan kesehatan anak-anak di komunitas SAD, yang sering kali sulit dijangkau oleh layanan kesehatan formal. Di wilayah terpencil seperti ini, akses terhadap fasilitas kesehatan seringkali menjadi tantangan besar. Oleh karena itu, posyandu menjadi salah satu solusi untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan perawatan dan pemantauan kesehatan yang mereka butuhkan.

Dalam jangka panjang, diharapkan kegiatan posyandu ini dapat menurunkan angka malnutrisi dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak di komunitas SAD. Malnutrisi pada anak balita merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius dan dapat berdampak pada perkembangan fisik dan mental anak. Dengan adanya posyandu yang rutin, diharapkan dapat dilakukan intervensi yang tepat waktu untuk mencegah dan mengatasi masalah malnutrisi.

Pundi Sumatra berharap agar posyandu ini dapat berjalan secara berkelanjutan dan semakin banyak kader posyandu yang terlatih. Keberlanjutan program ini sangat penting untuk memastikan bahwa anak-anak di komunitas SAD terus mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan, serta meningkatkan kapasitas kader posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Juliana, salah satu kader posyandu, mengungkapkan pentingnya kegiatan ini bagi komunitas mereka. “Posyandu ini sangat penting bagi kami untuk memantau pertumbuhan dan kesehatan anak-anak di komunitas kami. Kami berharap bisa terus melaksanakannya dengan dukungan dari berbagai pihak,” ujarnya.

Hari, selaku tumenggung komunitas SAD Dwi Karya Bakti, juga memberikan pandangannya mengenai kegiatan posyandu ini. Ia menyatakan bahwa kegiatan posyandu yang dilakukan oleh Pundi Sumatra sangat membantu orang tua dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka. “Kami berharap program ini bisa terus berlanjut dan semakin banyak pihak yang terlibat untuk membantu komunitas kami,” tuturnya.

Kegiatan posyandu rutin setiap bulan ini merupakan bagian dari komitmen Pundi Sumatra dengan dukungan program ESTUNGKARA untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan komunitas SAD. Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan meskipun dengan keterbatasan fasilitas. Selain itu, program ini juga berupaya untuk memberdayakan komunitas melalui pelatihan dan peningkatan kapasitas kader posyandu.

Dalam pelaksanaan kegiatan posyandu ini, Pundi Sumatra bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran dan efektivitas program. Dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan agar kegiatan ini dapat terus berjalan dan memberikan manfaat yang maksimal bagi komunitas SAD.

Kesinambungan program posyandu ini sangat bergantung pada dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, baik itu dari pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, maupun masyarakat sendiri. Dengan dukungan yang berkelanjutan, diharapkan program ini dapat terus memberikan kontribusi positif bagi kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di komunitas Suku Anak Dalam Dwi Karya Bakti.

Penulis :

PUNDI SUMATRA