Meningkatkan Kapasitas Masyarakat Adat dan Kelompok Marginal, YCMM Adakan Pelatihan dan Pendidikan

Yayasan Citra Mandiri Mentawai mengadakan pelatihan dan pendidikan bagi masyarakat adat dan kaum marjinal di Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. Merupakan desa dampingan YCMM untuk program estungkara, menjadi alasan pelatihan dan pendidikan tersebut dilakukan. Pelatihan dan Pendidikan ini dilakukan tanggal 18 dan 23 Maret 2023 dan melibatkan 2 dusun yaitu dusun Puro dan dusun Salappa. Untuk peserta yang hadir berjumlah tiga puluh delapan orang untuk dua dusun tersebut.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan dan pendidikan ini adalah; apa saja jenis-jenis layanan dasar serta cara mengaksesnya, memaparkan hak dan kewajiban sebagai warga negara dan apa saja fungsi dan peran negara dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakatnya. Meningkatkan kapasitas masyarakat adat dan kelompok marginal; perempuan, anak dan disabilitas, terkait institusi layanan dasar, perlindungan sosial, program pemerintah, serta pemberdayaan dan perlindungan korban kekerasan seksual menjadi tujuan pelatihan dan pendidikan ini dilakukan.

Tak hanya itu, menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat adat dan kelompok marginal untuk terlibat dalam forum-forum perencanaan pembangunan di desa serta mendorong terwujudnya inklusi sosial di desa Muntei pun menjadi tujuan utama kegiatan ini. Nantinya, hasil yang diharapkan dari pelatihan dan pendidikan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat adat dan kelompok marginal terkait hak kewarganegaraannya. Lalu, masyarakat adat dan kelompok marginal mau dan mampu berpartisipasi dan berperan aktif dalam perencanaan dan pembangunan desa serta memperjuangkan hak mereka.

Penulis :

Indra Gunawan